Rakor Penguatan dan Optimalisasi Kelembagaan Kesbangpol serta Evaluasi Kebijakan Bidang Politik dan Pemerintahan Umum

MAKASAR. -Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pemalang diwakili Kepala Badan Sujarwo, S.E M.M ditemani Kepala Sub bagian Umum dan Kepegawaian dan Kepala Sub bidang Organisasi Kemasyarakatan Menghadiri undangan  Rakor Penguatan dan Optimalisasi Kelembagaan Kesbangpol serta Evaluasi Kebijakan Bidang Politik dan Pemerintahan Umum yang digelar Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, di Hotel Gammara,Makasar Sulawesi Selatan Kamis (29/4/2021).

Kegiatan ini di hadiri oleh Kesbangpol Propinsi se-Indonesia dan Kesbangpol Kabupaten / Kota Pilihan. Dibahas dalam kegiatan tersebut yakni cakupan untuk memahami pentingnya Kesbangpol di Daerah.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, mengatakan, tidak ada kemenangan tanpa kekuatan, tidak ada kekuatan tanpa persatuan dan kesatuan. Tidak ada kesatuan tanpa skala prioritas.

“Tiga hal yang harus kuat, pertahanan keamanan harus kuat, ekonomi harus kuat, dan politik juga harus kuat. Tidak tanggung-tanggung sehingga kita punya Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum,” kata Abdul Hayat menambahkan.

“Provinsi ini adalah perpanjangan tangan pemerintah pusat, kita bukan saingan pusat, kita ingin menjadi supporting sistem yang baik. Karena kita juga percaya jika desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten bagus, maka Sulsel bagus, Indonesia juga akan bagus dan indah,” terangnya.

ada pula pembahasan dan pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional dalam rangka Pemantapan Pancasila,Persatuan dan Kesatuan Bangsa,Kerukunan Umat Beragama dan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan Penanganan konflik Sosial.

Kesbangpol Propinsi,Kesbangpol Kabupaten / Kota perlu Koordinasi pelaksanaan tugas antar instansi di Daerah masing-masing.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, mengapresiasi capaian ekonomi Sulsel di tengah pandemi Covid-19 dan berharap semakin baik. Ia menilai kekuatan yang dimiliki Sulsel adalah investasi lokalnya

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, mengapresiasi capaian ekonomi Sulsel di tengah pandemi Covid-19 dan berharap semakin baik. Ia menilai kekuatan yang dimiliki Sulsel adalah investasi lokalnya

“Saya ajak ke sini untuk mempelajari, di bidang ekonomi, Sulsel masih bisa bergerak,” sebutnya.

Penyederhanaan Birokrasi di Daerah meliputi penyederhanaan Eselonisasi Birokrasi menjadi 2 level dan diganti dengan Jabatan Fungsional termasuk pada Badan Kesbangpol untuk Jabatan Pengawas yang berada pada Bidang-bidang dialihkan ke Jabatan Fungsional Analis Kebijakan.

Dalam acara tersebut  menyinggung pula tentang Evaluasi Kebijakan Bidang Politik dan Pemerintahan Umum yang diantaranya Peran Strategis Badan Kesbangpol dalam Urusan Pemerintahan Umum, Sebagai mediator dalam penanganan konflik dan memperbaiki kerukunan antar suku atau intra suku, umat beragama, ras dan golongan.

Sebagai Fasilitator dalam menggerakkan masyarakat untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan Sebagai inisiator untuk mendorong para pihak untuk mewujudkan terciptanya persatuan dan  kesatuan bangsa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *